Kodim Klaten Latihan Penanggulangan Bencana Alam erupsi gunung merapi

BPBD kabupaten Klaten bersama Kodim 0723/Klaten dan jajaran Koramil KAWEDANAN Gondang menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben) Erupsi Gunung merapi  yang dilaksanakan di Desa Kebun Dalem Elor kecamatan Prambanan  memasuki hari kedua atao hari terakhir.
Materi Latgulben pada hari terakhir melaksanakan apel kesiapsiagaan latihan penanggulangan bencana alam yang diambil oleh Komandan Koramil (Danramil) 12 Manisrenggo Kapten Inf Basuki dan BPBD Klaten, Satgas penanggulangan bencana alam dengan melaksanakan Simulasi Evakuasi pertolongan korban bencana alam  masyarakat di Desa lereng Merapi, Rabu (28/11/2018).
“Karena tidak menutup kemungkinan wilayah yang kita pakai latihan akan menghadapi hal yang sebenarnya, masyarakat harus dilatihkan untuk tanggap dan selalu siap siaga dalam penanggulangan bencana alam,” jelas BPBD kabupaten Klaten.
Lebih lanjut,Serda Surono sebagai anggota Koramil 12 Manisrenggo Klaten yang kebetulan rumahnya di bawah lereng Merapi dan salah satu masyarakat yang turut ikut serta dalam latihan ini  mengaku senang bergabung latihan dengan prajurit Kodim 0723/Klaten dan Anggota Koramil di bawah jajaran kodim Klaten, karena berlatih dengan TNI memiliki semangat tinggi,”ungkap salah satu warga lereng Merapi.
Salah satu Danramil KAWEDANAN Gondang mengatakan penyelenggara Latihan tehnik penyelamatan dan tehnik penanganan pertama pada korban bencana sangatlah penting untuk selalu dilatihkan agar prajurit jajaran Kodim 0723/ Klaten selalu siap dan sigap dalam mengatasi bencana alam di wilayahnya masing-masing dalam rangka membantu masyarakat.
Dalam pelaksanaan Latihan simulasi evakuasi korban gunung Merapi ini, juga dilaksanakan kegiatan komunikasi sosial dengan tujuan dapat terjalin hubungan baik antara TNI dengan masyarakat sehingga program-program pembinaan teritorial dapat dilaksanakan dengan baik.(Pendim 0723/Klaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *