Panen Padi Srinuk, Babinsa Koramil Prambanan Hadiri Tradisi Wiwitan

Panen Padi Srinuk, Babinsa Koramil Prambanan Hadiri Tradisi Wiwitan

Klaten – Babinsa Sanggrahan Koramil 09/Prambanan Kodim 0723 Klaten Serda Heri Mulyatno menghadiri acara tradisi wiwitan panen padi varietas Srinuk Kelompok Tani Subur Rejeki Desa Sanggrahan di sawah dukuh Geneng Desa Sanggrahan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. (01/03/23)

 

Padi varietas Srinuk adalah hasil budidaya Pemerintah Kabupaten Klaten dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang kini namanya makin moncer karena punya berbagai keunggulan. Varietas hasil rekayasa dari beras rojolele itu punya umur lebih pendek, tanaman lebih pendek, dan beberapa kelebihan lain.

 

Untuk memanen padi varietas Srinuk, Kelompok Tani Subur Rejeki Desa Sanggrahan melakukan tradisi wiwitan yang merupakan salah satu tradisi selamatan yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur masyarakat terhadap hasil panen yang telah diberikan.

 

Tampak hadir Forkopimcam Kecamatan Prambanan, Koordinator PPL Kecamatan Prambanan Suhargo, Kepala desa Sanggrahan Karsono, Babinsa Sanggrahan Serda Heri Mulyatno, Bhabinkamtibmas Desa Sanggrahan Bripka Temi Hari, PPL Desa Sanggrahan Mukson dan Ketua Gapoktan Rejeki Subur Desa Sanggrahan Sadeni.

 

Babinsa menuturkan bahwa kegiatan wiwitan ini yang dilakukan Kelompok Tani Subur Rejeki Desa Sanggrahan merupakan untuk memberikan rasa syukur atas rezeki yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa atas panen padi yang melimpah.

 

“Tradisi Wiwitan sudah dilakukan oleh beberapa kelompok tani sebagai wujud syukur terhadap hasil panen yang diterimanya,” tutur Serda Heri Mulyatno.

 

Pada Wiwitan panen padi varietas Srinuk ditandai dengan pelaksanaan pemanenan padi perdana secara simbolis oleh segenap pejabat yang hadir. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *