Curah Hujan Tinggi, Babinsa Koramil Karangdowo Pantau Wilayah Terkena Banjir

Curah Hujan Tinggi, Babinsa Koramil Karangdowo Pantau Wilayah Terkena Banjir

Klaten – Serda Wahyu Tri Babinsa Desa Kupang Anggota Koramil 17/Karangdowo Kodim 0723/Klaten melaksanakan pemantauan banjir di Desa Kupang Kecamatan Karangdowo. (9/2/2023)

 

Akibat meluapnya sungai Kaligawe meluapi jalan Pemukiman Warga yang ada di RT 10 Dk. Kupang, RT 11 Dukuh Maron, RT 12 Dukuh Kranggan. RT 13 Dukuh Potronangan, RT 14, RT 15, RT 16 Dukuh Goprayan dan RT 17 Dukuh Brangkidul Desa Kupang dengan kedalaman air 30 cm.

 

Saat ditemui, Babinsa menyampaikan bahwa banjir ini disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah sehingga air yang mengalir ke Kali Gawe khususnya Desa Kupang meluber ke perkampungan dikarenakan debit air yg tidak tertampung.

 

“Desa Kupang di delapan RT tersebut pemukimannya berada di bawah tanggul sehingga jika terjadi hujan intensitas tinggi dengan waktu yg lama air meluap atau meluber ke pemukiman warga karena debit air yang tidak bisa tertampung Sungai Kaligawe,” ujar Serda Wahyu.

 

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa bersama Relawan Karangdowo dan BBWS menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca yang sering hujan yang mengakibatkan Sungai Kaligawe tidak mampu menampung Debit air sehingga Meluap Ke Pemukiman Warga.

 

“Alhamdulillah ketinggian air sudah berangsur angsur surut dan biasanya banjir ini bersifat sementara ketika hujan di wilayah Karangdowo namun warga tetap siaga dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur sebagai antisipasi terhadap kondisi yang bisa saja berubah setiap saat,” pungkasnya. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *