Hormati Kearifan Lokal,Babinsa Koramil 05 Jatinom Pantau Kirab Budaya Bersih Desa Di Bandungan

Jadikan sarana pelestarian budaya dan kearifan lokal Babinsa Koramil 05 Jatinom Serda Sukadi pantau kegiatan kirab budaya dalam rangka bersih desa di di Bunder Bandungan Jatinom. (23/03/2019)
Serda Sukadi menjelaskan Sekitar 700 warga ikut dalam Kirab budaya bersih desa di dk Bunder yang dilaksanakan secara turun menurun ini , bukan hanya warga dari  dk Bunder yang melaksanakan tradisi bersih desa tersebut, warga dk Jarakan dan warga dk  Pagoh juga tergabung dalam acara adat ini .
Menurut Serda Sukadi rangkaian acara dalam kirab budaya ini di awali dengan malam tirakatan di Kedung Tegalrejo kemudian di lanjutkan dengan berjalan kaki mengelilingi dukuh di tengah malam, keesokan harinya di lanjutkan dengan guyang sapi (memandikan sapi) di Kedung .Dan di lanjutkan dengan kirap gunungan ketupat dan dawet .
Selesai kirap kemudian warga berkumpul untuk melaksanakan kenduri sebagai ungkapan rasa sukur kepada Tuhan atas limpahan rejeki yang di berikan pada warga .
Ditempat terpisah Danramil 05 Jatinom Kapten Inf Suroto menuturkan bahwa setiap daerah memiliki adat dan budaya sendiri sendiri itu harus kita lestarikan agar selalu di ketahui oleh pemuda agar tidak punah
Kirap budaya dalam rangka bersih desa di dk Bunder di hadiri oleh Kades Bandungan beserta perangkat,Babinsa Koramil 05 Jatinom,tokoh agama ,tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di desa Bandungan. Sebagai acara penutup kirap budaya bersih desa di dk Bunder akan di gelar wayang kulit semalam suntuk di dk Bunder.(Pendim 0723/Klaten)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *