Batuud Koramil 06/Kebonarum Hadiri Verifikasi ODF

Klaten (12/11/2018) Batuud Koramil 06/Kebonarum Kodim 0723/Klaten,Pelda Sriyanto menghadiri verifikasi desa ODF (Open Defecation Free) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Klaten di desa Danguran, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Dr.Nur selaku tim verifikasi dari Dinas Kesehatan kabupaten Klaren dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan ( BABs), adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.
” Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, bisa sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan,” tuturnya.
Beliau juga menambahkan, kedatangan tim ke desa Danguran adalah untuk memastikan setatus ODF di desa Danguran yang komunitas masyarakatnya akan dinyatakan secara kolektif telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).
” Suatu desa dinyatakan berhak menyandang status ODF jika semua masyarakat telah buang air besar hanya di jamban, dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban,” tambahnya.
Apabila tim verifikasi sudah menyatakan warga masyarakat sudah mempunyai jamban sehat secara 100%, dan warga masyarakat sudah melakukan buang air besar di jamban, maka tim akan memberikan piagam bahwa desa tersebut berhak menyandang status ODF.
Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, tim verifikasi dari Dinas Kesehatan kabupaten Klaten yang diwakili Dr.Nur,Batuud Koramil 06/Kebonarum Pelda Sriyanto,Kapolsek Klaten Selatan Akp Suyadi,Kepala Puskesmas Klaten Selatan,Kepala desa Se Klaten Selatan,Ibu-ibu STBM Se Klaten Selatan serta warga masyarakat desa Danguran.(Pendim 0723/Klaten)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *