BALAI DESA KUNCEN LAUNCHING POSYANDU REMAJA

Klaten, Babinsa Desa Kuncen Koramil 23/Ceper Koptu Suparman melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Remaja, Di balai ds Kuncen kecamatan Ceper kabupaten Klaten Puskesmas Ceper bekerjasama dengan pihak remaja desa Kuncen mengadakan Posyandu Remaja. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Kuncen, diikuti oleh remaja muda mudi dengan jumlah kader 10 orang.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Puskesmas Ceper dr. Hanung dan sambutan dari kepala desa Kuncen ibu Krestiana serta penanggung jawab pelaksanaan posyandu remaja adalah ibu Ngatmi.

Sebelum melaksanakan kegiatan posyandu remaja pertemuan pertama pihak puskesmas berkoordinasi dengan pihak kepala desa Kuncen untuk melakukan persamaan persepsi tentang pentingnya dan manfaat dari posyandu remaja. Kemudian pertemuan kedua penanggung jawab posyandu remaja melakukan diklat bagi kader posyandu sekaligus berkoordinasi dengan remaja desa Kuncen untuk menentukan jadwal pelaksanaan posyandu remaja. Pelaksanaan posyandu remaja di lakukan di pagi hari setiap bulan, di awali minggu pertama ( 1 x dalam sebulan ).

Para remaja sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan memeriksa kesehatannya karena dalam kegiatan posyandu remaja ini meliputi, penimbangan berat badan, pemberian tablet Fe ( bagi remaja yang telah memasuki masa menstruasi ) dan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi pada remaja dan juga karena petugas/kader berasal dari remaja tersebut.

Selain itu kegiatan ini juga upaya pencegahan stunting yang merupakan issue nasional melalui menjaga kesehatan calon ibu dengan pemberian tablet Fe bagi siswa yang sudah mentruasi, sehingga kedepan apabila nanti menjadi ibu bayi yang dilahirkan sehat dan cerdas.

Adanya posyandu remaja ini untuk mengubah ( mindset ) kebiasaan untuk menjadikan pemeriksaan kesehatan secara rutin menjadi suatu kebiasaan bagi remaja.

Adanya posyandu remaja ini menjadi mereka memeriksakan kesehatan itu suatu kebiasan yang baik, dan ketika dewasa sudah terbiasa memeriksakan kesehatan secara rutin sehingga capaian SPM bisa meningkat.Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *