Batituud Koramil 20 Cawas mewakili Danramil 20 Cawas hadiri pertemuan Lintas Sektoral Puskesmas 1 Cawas

Klaten – ( 26/9/2018 ) pukul 09.30 WIB Batituud Koramil 20 Cawas Pelda Jiwanto mewakili Danramil 20 Cawas menghadiri pertemuan Lintas Sektoral Puskesmas 1 Cawas bertempat di aula Puskesmas Cawas Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Turut hadir dalam rapat koordinasi lintas sektoral Muspika Kecamatan Cawas, Kepala Puskesmas 1, Kepala Desa Sektor Pukesmas 1, Toga dan Tomas, Ibu – Ibu Kader PKK dan Tamu undangan lainya.

Pertemuan lintas sektoral merupakan kegiatan awal dari pelaksanaan perencanaan pembinaan secara terpadu dengan mengedepankan skala prioritas di bidang kesehatan

Dengan sasaran meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kegiatan peningkatan kwalitas dan pemerataan pelayanan kesehatan agar mudah terjangkau masyarakat sehingga untuk mewujudkan hal tersebut di perlukan upaya kerjasama yang baik antar sektor.

Kepala Puskesmas Cawas 1 Ibu drg. Susana dalam sambutanya bahwa pertemuan ini untuk membangun kerjasama lintas sektoral diwilayah guna kerjasama dalam mencapai target pelayanan kesehatan” Jelasnya.

Kepala Puskesmas 1  juga memaparkan program- Program mulai dari program KIA yaitu perlunya pemantauan khusus bagi ibu hamil yang beresiko tinggi misalnya umur di atas 35 Tahun, Jarak  anak kurang dari 2 tahun, riwayat sakiy beberapa kali, tinggi badan kurang dari 145 Cm.

Untuk program Gizi perlu adanya pemantauan gizi buruk atau gizi kurang dan menghimbau desa- desa juga mendirikan atau menganggarkan posyandu  di desa masing-Masing biar ada perhatian khusus untuk program gizi tersebut.

” Masih ada beberapa desa yg masih di temukan adanya DBD, Penyakit TB paru dan Diare”, tegasnya.

” Untuk kegiatan bulan September 2018 ini ada kegiatan BIAS ( Bulan Imunisasi sekolah ) yaitu imunisasi campak, kemudian di lanjutkan
Untuk bulan berikutnya ada kegiatan PIS PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan keluarga ) di desa plosowangi”, Jelasnya.

Sementara itu Pelda Jiwanto Batituud Koramil 20 Cawas mewakili Danramil 20 Cawas mengatakan bahwa TNI  mendukung diadakan Pertemuan Lintas Sektoral,

Bahwa TNI sudah bekerjasama dengan dinas kesehatan mengenai program KB Kes dan Program – Program kesehatan lingkungan seperti Jambanisasi diwilayah dan masih banyak lagi, jelasnya.

Dengan kegiatan koordinasi Lintas sektoral diharapkan dapat mewujudkan sinergitas antar sektor sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.(Pendim 0723 Klaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *