BABINSA KORAMIL 22 WONOSARI MELATIH DAN WASBANG KEPADA SISDIK BARU

Klaten, Mengawali Tahun Pelajaran 2018/2019 para peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Seperti di SMK bhakti Insani Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tujuan dari Giat tersebut  salah satunya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. 

Guna mencapai tujuan tersebut, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Koramil 22 Wonosari jajaran Kodim 0723 Klaten, Serma Serma Ramli, Serma Agus Subagyo dan Serda Surojo turut berpartisipasi dalam kegiatan MOS (Masa Orentasi Sekolah) yang diwujudkan dalam bentuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB),jumlah 162 siswa/siswi SMK bhakti Insani terdiri dari 15 siswa dan 147 siswi kelas 10 mendapat Wawasan ke Bangsaan dan pelatihan PBB dari Babinsa Koramil 22  Wonosari.

Serma Serma ramli, Serma Agus Subagyo dan Serda Surojo secara bergantian memberikan materi latihan dasar PBB kepada para siswa, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan. Selama latihan, ketiga anggota Koramil 22 Wonosari tersebut tidak bosan memberikan koreksi sekaligus membenahi para siswa/siswi yang gerakannya kurang tepat/salah.

Selain materi PBB, Babinsa juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru. Materi Pancasila menjadi pokok bahasan dalam kegiatan tersebut, dengan titik berat pada pengamalannya. Seperti sikap toleran dan saling menghormati antar pemeluk agama dan keyakinan yang sangat beragam dan lain-lain.

Di akhir kegiatan, Babinsa juga memberikan materi bela negara bagi para peserta didik baru. Dijelaskannya, bahwa bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara. Melalui bela negara dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan damai serta untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara Kepala Sekolah SMK bhakti Insani Bambang S, S. PM. Si,saat membuka kegiatan, diantaranya menyampaikan, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah(MPLS) ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa peserta didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal potensi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya atau warga sekolah.

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Sekolah atas kesediaan waktu para Babinsa Koramil untuk hadir dan memberikan materi PBB, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru di SMK bhakti Insani.Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *