Optimalkan Penggunaan Alsintan Babinsa bersama PPL dan Mahasiswa STPP Yogyakarta, Cek fisik Alsintan di Poktani

Klaten – Babinsa Koramil 20 Cawas   Sertu Edi Suranto bersama PPL dan Mahasiswa STPP ( Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian ) Yogyakarta melaksanakan  pengecekan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan oleh pemerintah kepada Poktan di Desa Sekecamatan Cawas diantaranya di Desa Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.

Babinsa Bawak Sertu Edi Suranto mengatakan, bahwa untuk menghadapi masa tanam  perlu diadakan pengecekan alsintan, sehingga program pemerintah tentang ketahanan pangan bisa berjalan dengan baik.

“Alat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung tercapainya swasembada pangan. Diharapkan agar semua bisa merawatnya dengan baik, sehingga usia pakaiannya bisa lebih lama dan lebih maksimal,” tuturnya.

Menurutnya, Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan harus selalu memberikan pengawalan dan pendampingan kepada petani, agar program swasembada pangan bisa tercapai.”Harapanya kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan hasil panen yang lebih baik,”Pungkasnya.

Sementara itu selaku PPL Bapak Cecep Sasmita menjelaskan, dalam Brigade Alsintan ini, para Bintara Pembina Desa, Dinas Pertanian, dan penyuluh serta mahasiswa dilibatkan di pertanian.Setiap alsintan bakal diawasi penggunaannya dan akan di cek.

“Jangan sampai ada Alsintan yang tidak dipakai dan hanya di simpan sehingga tidak bermanfaat dalam penggunaanya, nanti bisa di tarik ke desa lain yang membutuhkan”,Tegasnya.

Cecep mengharapkan, semua kelompok tani benar-benar memanfaatkan bantuan negara itu. Jangan sampai  alsintan menganggur apalagi disalahgunakan,Jelasnya.

Desi Mahasiswa STPP Yogyakarta menyatakan bahwa  dirinya bersama mahasiswa lain difokuskan dalam mendukung program optimalisasi pemanfaatan alsintan di kelompok tani, sehingga alsintan yang di berikan oleh pemerintah dapat digunakan dengan baik tanpa ada kendala dan pemanfaatannya lebih maksimal,Jelasnya.

Sementara itu ketua Poktani Agung Rejeki Bapak Suyamto mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kedatangan Babinsa,PPL dan Mahasiswa dalam pengecekan Alsintan ini,
Bapak Suyamto menjelaskan bahwa Alsintan di sini bagus semua ada kerusakan kecil itu biasa karena sering di pakai pada masa tanam I dan II semua Alsintan bekerja, Untuk masa tanam III jenis palawija jadi  Alsintan traktor roda 2 istirahat dalam perawatan, Jelasnya. Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *