Babinsa Koramil 20/Cawas Bantu petani tanam kedelai di poktani Karangasem

Klaten – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20/Cawas Kodim 0723/Klaten Serma Saroni  membantu Petani tanam kedelai di  Desa Karangasem  Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Rabu  (30/5/2018). ‎

Pada masa tanam ke III di wilayah kecamatan Cawas mendapat bantuan demlot kedelai dari pemerintah, diantaranya adalah tiga kelompok tani di wilayah  Desa karangasem yaitu poktani Ngudi rejeki, Ngudi Utomo dan Ngudi Raharjo Desa karangasem.

Peralihan dari jenis tanaman padi, padi ke kedelai karena di prediksi untuk musim kemarau di perkirakan berlangsung bulan juni dan juli mendatang. Karena pada saat kemarau biasanya terjadi kesulitan pasokan air untuk mengairi persawahan.

Kondisi tersebut di manfaatkan petani  untuk menanam kedelai karena kedelai tidak membutuhkan pasokan air yang cukup banyak sehinga sangat cocok di wilayah ini di harapkan tanaman dapat tumbuh subur  hasil panen dapat meningkatkan produksi kedelai di tahun 2018.

Menurut Mantri Tani sekaligus PPL Desa Karangasem Ibu Tut Wuri Handayani  mengungkapkan untuk Demlot kedelai di wilayah karangasem seluas 150 Ha mendapat bantuan benih kedelai 7,5 Ton yang ditanam  ditiga kelompok tani di Desa Karangasem,
“Harapan saya tanaman yang di tanam dapat tumbuh subur dan dapat meningkatkan produksi kedelai sehingga dapat  mensejahteraan petani dan mensukseskan ketahanan pangan tahun 2018 ini,” ungkapnya.

Sementara itu Komandan Koramil 20 Cawas Kapten  inf Ghofar Afrozi mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan “Guna mendukung program Pajale nasional pada percepatan masa tanam ke tiga pada tahun 2018, anggota Babinsa melakukan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mempercepat tanam  kedelai,Selain ikut menyiapkan dan menanam kedelai para Babinsa juga harus selalu memonitor kegiatan para petani di desa binaannya serta membantu sesuai dengan kemampuannya agar bisa memanfaafkan  dengan baik serta manghasilkan kualitas yang bagus.

Memasuki musim tanam ke 3 tahun 2018 Babinsa ikut memantau dan terjun langsung ke sawah, membantu para petani untuk segera melaksanakan tahap demi tahap persiapan musim tanam ke 3 tahun ini, dengan membantu petani  dengan tidak bosan-bosannya memberikan penyuluhan dan semangat serta mengimbau para petani dan kelompok tani yang ada di Desa untuk secepatnya melaksanakan  persiapan musim tanam ke 3 tahun 2018,” pungkasnya.Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *