BABINSA KORAMIL 04 PEDAN HADIRI TRADISI SADRANAN

KLATEN. Bintara Pembina Desa Serka wawan.s  bersama Kepala Desa kedungan dan seluruh warga masyarakat Dusun  kedungan Kecamatan pedan,  turut melaksanakan  acara Nyadran pada kamis (10/05/2018)

Kepala Desa kedungan bpk bambang sukopolo mengatakan, Nyadran merupakan suatu kegiatan ritual masyarakat yang merupakan tradisi peninggalan leluhur Warga melaksanakan ziarah dan doa. di lokasi makam.

Sebelum pelaksanaan nyadran, masyarakat sudah melakukan kegiatan membersihkan makam keluarga. dan menyiapkan tempat masjid dekat makam untuk dijadikan tempat pelaksanaan acara nyadran.

Adapun dalam pelaksanaanya, diawali dengan pembacaan yasin , zikir, tahlil, dan doa, serta tausiyah oleh bpk ustad syarif hidayatullah. kemudian ditutup dengan makan bersama.
Nyadran merupakan Perpaduan antara adat budaya serta agama .tradisi peninggalan budaya yang tak terrnilai harganya dan perlu dilestarikan. Masyarakat yang mengikuti Nyadran biasanya berdoa untuk kakek-nenek, bapak-ibu, serta saudara-saudari mereka yang telah meninggal.

Seusai berdoa, masyarakat menggelar kenduri atau makan bersama di tempat yang sudah dipersiapkan di lokasi masjid dekat pemakaman desa, 

Dari tradisi nyadran tersebut dapat kita petik hikmah yang berkembang dalam masyarakat seperti gotong royong, kebersamaan, dan pengorbanan juga merupakan ajang silaturahmi warga Desa.Pendim 0723/Klaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *