Babinsa Koramil 02/Jogonalan Kodim 0723/Klaten operasikan transplanter guna membantu petani tanam padi

Klaten –  Serda Giyono, Babinsa Koramil 02/Jogonalan Kodim 0723/Klaten bersama-sama dengan PPL dampingi petani tanam padi menggunakan mesin transplanter, di Desa Sumyang Kec. Jogonalan, Rabu (26/2/2018).
Mesin tanam padi transplanter bagi sebagian besar petani merupakan alat yang masih baru sehingga di perlukan pendampingan baik oleh Babinsa ataupun PPL.
Tidak mudah untuk merubah mindset petani dari cara bertani secara tradisional untuk beralih menggunakan mesin modern (transplanter).
Bapak Harsono misalnya, Ketua kelompok tani Dadi Makmur Desa Sumyang ini butuh waktu hampir 4 tahun untuk mengenalkan metode tanam padi transplanter agar bisa diterima petani.
Mesin transplanter sediri mempunyai banyak keunggulan dimana bisa menghemat waktu dan biaya tanam, dimana dalam waktu 2 jam lahan seluas 2.300 M2  bisa selesai ditanami.
Dalam kesempatan tersebut Serda Giyono Babinsa Koramil 02/Jogonalan menyampaikan bahwasanya Koramil 02/Jogonlan berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada petani agar program swasembada dan ketahanan pangan bisa terwujud.
“Walaupun harus berjibaku dengan lumpur, kami akan  selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan tanam padi seperti kali ini, karena ini sudah menjadi tugas kami sebagai seorang Babinsa,”tandasnya. Penramil 02/Jogonalan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *