Babinsa Koramil 07/Wedi hadiri penilaian lomba bunga Refugia

Klaten – Babinsa Koramil 07/Wedi Serda Muhammad Arifin Ridwan bersama dengan 2 orang Anggota hadiri penilaian lomba bunga Refugia tingkat Kecamatan Wedi di Kelompok Tani Mardi Rahayu yang terletak di Desa Trotok Kecamatan Wedi pada Senin pagi, (6/11/2017). kegiatan kali ini mendapat penilaian dari dewan yuri lomba Refugia Unit Pelayananan Teknis Pertanian IV Klaten.

Turut hadir dalam penilaian tersebut tim penilai dari Unit Pelayananan Teknis Pertanian IV Klaten, Bati Wanwil Kodim 0723/Klaten Peltu Pribadi Suwagianto, Camat Wedi, Kades Trotok, serta anggota Kelompok Tani Mardi Rahayu.

Tanaman Refugia sendiri merupakan mikrohabitat buatan yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai tempat perlindungan, sumber pakan atau sebagai sumberdaya lain bagi musuh alami hama seperti predator dan parasitoid.

tumbuhan yang berfungsi sebagai refugia bermacam-macam antara lain bunga pukul empat, bunga kenikir, bunga kertas dan bunga matahari. dengan refugia, sawah menjadi penuh dengan bunga-bunga cantik.

Dengan menanam berbagai jenis tanaman refugia, maka selain dapat mengurangi predator yang akan memangsa tanaman padi, maka akan terlihat indah dipandang mata karena warna-warni dari tanaman refugia. 

Ketua Kelompok Tani Mardi Rahayu, Suyamto berharap agar  semua kelompok tani yang ada diwilayah Klaten bisa mengikuti menanam bunga Refugia, karena dengan menanam tanaman refugia ini akan mengurangi hama pada tanaman sehingga dapat meningkatkan hasil panen. Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *