MALAM TASYAKURAN DALAM RANGKA HUT TNI KE 72 DAN HUT KODAM IV/DIP KE 67 KODIM 0723/KLATEN

Klaten- Senin (9/10/2017) Pukul 19.30 WIB s.d 22.50 WIB bertempat di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten telah berlangsung malam Tasyakuran dalam rangka HUT TNI KE – 72 dan HUT KODAM IV/DIP KE – 67 dengan Tema                   “ BERSAMA RAKYAT TNI KUAT” yang dihadiri lebih kurang 600 orang.
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :
1. Drs Jaka Sawaldi MM (Sekda Pemkab Klaten)
2. Letkol inf Bayu Jagat SIP (Dandim 0723/ Klaten)
3 Mayor Inf Sapto Budi, SE, (Kasdim 0723/Klaten)
4. Kompol Hari Susanto Sik (Wakapolres Klaten)
5. Sugiyanto SH (Ketua Pengadilan Negeri Klaten).
6. Drs H Masmin Afif M. Ag (Ka Kemenag Klaten)
7. Letkol inf Noppy Laksana (Palakhar DanDodiklatpur Rindam IV/Dip)
8. Bambang Giyanto (Kepala BPBD Klaten)
9.  Mayor inf Bambang Wahyudi (Ka Kanminvetcad Klaten)
10. lettu Czi Agus (Dansub Zibang Klaten)
11. Drs Purwanto Anggono Cipto MSi (Ka Dishub Klaten)
12. Joko Wiyono (Ka Disbudparpora Klaten)
13. Gus Zuhri (Ponpes Pancasila Sakti Klaten)
14. KH. Hartoyo (Ketua MUI Klaten)
Dalam acara tasyakuran tersebut Dandim 0723/ klaten Letkol Inf Bayu jagat Sip. MH menyampaikan Sambutan Panglima TNI sbb :
1. Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah senantiasa kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat, kesehatan dan kekuatan, sehingga pada hari yang berbahagia ini, kita dapat menyelenggarakan upacara memperingati Hari Jadi ke-72 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat wal’afiat.
2. Kepada seluruh Prajurit dan ASN dimanapun saat ini bertugas dan berada saya ucapkan “Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, yang kita cintai dan banggakan bersama.
3. Pada peringatan ke-72 Hari TNI Tahun 2017 ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI Hal ini sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa sehingga bangsa prajurit Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.
4. Harapan saya, semoga Semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme Prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI.
5. Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah BERSAMA RAKYAT TNI KUAT.
6. Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselamatkan serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (Centre of gravity) dari sistem pertahanan semesta yang kita anut.
7. Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.
8. Pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi alutsista,pengembangan organisasi,pembangunan sarana prasarana terutama di pulau pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.
9. Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Saat ini misi kemanusiaan yg sedang dilaksanakan kepada etnis rohingnya myanmar,upaya ini terus kita laksanakan dalam rangka membesar komitmen dan peran indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dinia sesuai amanah pembukaan UUD tahun 1945.
10. Dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI ini marilah kita mendekatkan diri dan memohon ke hadirat Tuhan YME,semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya serta mendapatkan limpahan kesehatan dan kekuatan,guna melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat,bangsa dan negara,yg sangat sangat kita cintai bersama.
Sambutan  Hj Sri Mulyani (Plt Bupati Klaten) yang dibacakan oleh Drs Jaka Sawaldi MM (Sekda Pemkab Klaten) antara lain sbb:
1. Puji syukur alhamdulillah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhannahu Wattaalla, Tuhan Yang Maha Agung, atas rahmat kita dapat bertemu dan dipertemukan dalam acara” HARI ULANG TAHUN TNI KE 72 tahun 2017 hari ini penuh limpahan karuniaNya.
2. Di masa pergerakan, kemerdekaan dan pembangunan TNI adalah sahabat rakyat Sebagai pelaku sejarah, TNI menggoreskan tinta emas di setiap titik perjuangan demi keharuman bangsa dan negara. Kedekatan yang telah sejiwa dengan rakyat menjadi sumber kekuatan TNI. Sebab rakyat adalah ruh perjuangan dan eksistensi TNI
3. Di ulang tahunnya ke 72 ini menjadi peneguh bagi seluruh jajaran TNI bahwa perjuangan TNI adalah menghamba kepada kepentingan rakyat Melindungi,merawat menjaga, mengayomi rakyat dan sejenggal tanah ibu pertiwi menjadi darma dan semangat TNI dulu, sekarang dan dimasa depan.
4. Persoalan dan tantangan ini mengajak seluruh aparatur negara dan seluruh anak bangsa untuk bersatu dan bekerja sama mengambil peran untuk menyelesaikan masalah bangsa. TNI sebagai aparatur negara harus mampu hadir di tengah -tengah masyarakat membawa solusi. Para tokoh agama dan tokoh masyarakat kita harapkan hadir menjadi air penyejuk dengan tutur kata bijaknya, menyirami dahaga masyarakat dengan ayat – ayat kebenaran sehingga masyarakat selalu tertuntun dalam hidayah dan keberkahan.
5. Indonesia adalah negeri yang luas dan kaya. Kemajemukan itu adalah realitas bangsa dan menyatu bagi masyarakat Indonesia. Kemajemukan itu bisa menjadi berkah yang memberkahi ketika kita memaknai perbedaan itu sebuah kewajaran untuk diterima dengan kelapangan hati, bukan sebaliknya sebagai alasan untuk bermusuhan dan berpecah belah.
6. Bangsa Indonesia membutuhkan TNI yang kuat dalam menjaga ketahanan bangsa. Ketika bangsa Indonesia Memiliki TNI yang kuat, tentu hal ini akan mengangkat kehormatan bangsa di antara percaturan dunia. Indonesia adalah bangsa yang besar. Sudah selayaknya jika bangsa Indonesia mempunyai peran besar dalam menjaga stabilitas regional maupun antar kawasan, salah satunya melalui peran TNI
7. Suara rakyat butuh untuk didengar.Kemampuan mendengarkan yang baik oleh jajaran TNI, bukan tidak mungkin menjadi kanal-kanal positif agar arah dan target pembangunan lebih efektif dan optimal.Sinergi inilah yang ingin kita bangun dalam merawat NKRI. Saya percaya tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan jika kita semua saling duduk bicara bersama.Tidak ada masalah yang berat jika kita mau memikul bersama. DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA. Selamat berjuang dan selamat mengabdi. Semoga Allah SWT meridloi niat dan amal baik kita.

            Dalam acara tersebut turut dimeriahkan pentas seni yang dilaksanakan oleh siswa siswi SMA dan SMK Kab Klaten serta masyarakat antara lain paduan suara dan tari tari tradisional guna untuk menjaga dan melestarikan budaya jawa serta pembagian hadiah turnamen bola basket antar pelajar Kab Klaten,tenis lapangan.Pendim 0723/Klaten.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *