Sosialisasi Imunisasi Measles-Rubella di Trucuk.

Klaten. (26/05/2017). Serka Sulis Karjito Babinsa Ramil 19/Trucuk Kodim 0723/Klaten menghadiri Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella di Aula Kecamatan Trucuk. Hadir pada kegiatan tersebut : Kepala Dinas Kesehatan Klaten (Ibu Mentes Hartanti, Skm, Muspika Kecamtan Trucuk, Kepala Sekolah (tingkat SD/SMP) Se-kecamatan Trucuk, Kades, PKK Desa,  dan Bidan Desa Se-kecamatan Trucuk.  Yang menghadiri kegiatan tersebut jumlah 120 orang dengan ketua penyelenggara Ibu Sri Wahyuni sebagai petugas imuniasi Puskesma.
imunisasi Measles Rubella (MR) adalah imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.  Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.
Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.  Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *