Ramil 22/Wonosari, PPL dan Pok Tani Agung Rejeki Buru Wereng Coklat.



Klaten, (29/04/17)  Babinsa Ramil 22/Wonosari, PPL Wonosari dan Poktan Sumber Untung melaksanakan penyemprotan hama wereng batang coklaten (WBC) di dukuh Sidorejo dan dukuh Tempel Desa Sidowarno.  Hasil yang di capai luas sawah 20 Hektar  dengan menggunakan obat merk Mid Cinta 50 WP.
Hama wereng batang coklat telah lama dikenal sebagai hama pada tanaman padi di Indonesia, tetapi baru sejak tahun 1970 hama ini meningkat secara drastis menjadi hama utama yang mengancam produksi beras. Keadaan serangan hama wereng coklat yang sangat merisaukan merupakan konsekuensi penerapan teknologi maju yang kurang memperhatikan bioekologi hama dalam usaha mengejar sasaran.
Penanaman varietas unggul dalam areal luas mengakibatkan keanekaragaman lingkungan menjadi berkurang. Varietas unggul yang mempunyai anakan banyak, tumbuh subur dan rimbun, akan menciptakan keadaan iklim mikro yang sangat sesuai untuk perkembangan hama wereng coklat. Penanaman varietas unggul yang memiliki ketahanan gen tunggal terhadap wereng coklat mengakibatkan tekanan seleksi yang kuat terhadap hama tersebut, sehingga mendorong perkembangan biotip baru yang mampu menghancurkan varietas yang semula tahan. 
Bapak Sutarmin sebagai PPL Kecamatan Wonosari dan Bapak Hardianto Ketua Gapoktan Agung Rejeki mengucapkan terima kasih kepada anggota Ramil 22/Wonosari atas partisipasinya dalam pelaksanaan penyemprotan hama padi tersebut.   Pendim 0723/Klaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *