Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2017

Satu Pleton Personel Kodim 0723/Klaten mengikuti upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2017 di lapangan desa Ngawonggo kecamatan Ceper kabupaten Klaten. Rabu (26/04/2017). Upacara juga diikuti oleh Personel Polri, Guru, Ormas, Tagana, Relawan serta Pelajar.
Turut Hadir dalam Upacara tersebut Sekda Klaten  Drs Jaka Sawaldi MM, kepala BPBD Klaten Bambang Giyanto S.Sos, M.Si, Ketua bidang organisasi PMI H. Rantiman SH, Sekretaris dinas Keminfo Ir.Indro Susilo, Dandim 0723/Klaten diwakili oleh Kapten Inf Joko Haryanto, Kapolres Klaten diwakili oleh AKP Suyadi, serta Camat se Kabupaten Klaten.
Bertindak selaku Inspektur Upacara Drs Jaka Sawaldi MM dan selaku Komandan Upacara Danramil 11/Karangnongko Kapten Inf Mulyanto. Sebelum Upacara dimulai diadakan simulasi penanganan bencana (Gempa bumi) oleh Siswa SDN 1 Ngawonggo. Dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api dengan cara tradisional yaitu dengan menutup api dengan menggunakan kain yang di basahi air dan pemadaman api dengan menggunakan alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan) oleh petugas dari Dinas Pemadam kebakaran Klaten.
Dalam amanat Plt Bupati Klaten yang dibacakan Inspektur Upacara bahwasannya Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April dengan pertimbangan bahwa pada tanggal tersebut Undang Undang No 24  April 2007 tentang penanggulangan bencana disahkan.
“ Kabupaten Klaten sebagai daerah yang rawan bencana memiliki potensi ancaman bencana periodik maupun reguler. Disinilah perlunya kesiapsiagaan masyarakat kabupaten Klaten dalam kegiatan pengurangan risiko bencana. Kegiatan sekolah siaga bencana dari tingkat PAUD sampai SLTA, sekolah sungai, sosialisasi dan pelatihan kepada dunia usaha dan lembaga pelayanan masyarakat (Rumah Sakit dan Puskesmas), serta kegiatan kerelawanan yang telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Klaten, saya harapkan dapat terus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Dalam upaya menumbuhkan budaya kesiapsiagaan bencana dimasyarakat kabupaten Klaten ” Pinta Plt Bupati Klaten.
“ Kepada seluruh relawan siaga bencana dan masyarakat pada umumnya, mari kita ciptakan masyarakat kabupaten Klaten yang tangguh dalam menghadapi bencana dengan terus mengembangkan budaya gotong royong sebagai bagian dari kapasitas kita dalam menghadapi bencana ” ajak Hj. Sri Mulyani mengakhiri amanat.

Setelah Upacara selesai dilanjutkan dengan kegiatan Donor darah dan bersih bersih sungai Widoro yang terletak di desa Ngawonggo.Pendim 0723/Klaten


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *