Sapi UPPO Kodim 0723/Klaten berkembang menjadi 14 Ekor


Jumlah sapi di peternakan sapi Kodim 0723/Klaten yang merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian telah berkembang menjadi 14 ekor. Dari semula yang jumlahnya hanya 10 ekor, artinya pengembangbiakan sapi tersebut telah melahirkan 4 ekor sapi di Unit Pengelola Pupuk Organik (UPPO) yang terletak di halaman belakang Koramil 14/Karanganom.
Komandan Kodim Klaten Letkol Inf Bayu Jagad S.I.P berharap dengan lahirnya keempat anak sapi tersebut agar dirawat dan dijaga agar sehat dan cepat besar demi mendukung program Pemerintah dalam hal ketahanan pangan.dan kalau anaknya sudah agak besar untuk indukannya agar segera disuntik kawin dengan program Inseminasi Buatan (IB) agar sapi sapi ini nambah terus.
Seperti telah diketahui bahwa selain peternakan sapi, peternakan yang berdiri dilahan seluas 5 Ha tersebut juga mempunyai media pengolahan sisa kotoran sapi untuk diubah menjadi biogas. Seperti yang dilakukan Sertu Anwar  dan Kopda Miswadi dari Koramil 14/Karanganom hari ini (Selasa, 17 Januari 2017) sedang melaksanakan aktifitas perawatan ternak sapi yang meliputi pemberian pakan, pembersihan kandang dan pengolahan kotoran yang diubah menjadi Biogas. Biogas sendiri nantinya untuk memenuhi kebutuhan pupuk organik yang akan disalurkan kepada petani dengan harga murah. sedangkan untuk pemberian pakan dengan mencari rumput gajah yang ditanam disekitar kandang. Adapun penanggung jawab dalam pertenakan sapi adalah Kapten Inf Suroto dan pengawas sepenuhnya oleh  Komandan Kodim 0723/Klaten (Letkol Inf. Bayu Jagad S.I.P).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *