Sosialisasi wawasan Kebangsaan oleh Dandim Klaten.


Klaten, Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat S.I.P melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan/paparan Panglima TNI tentang ancaman pertahanan negara dalam Proxy War.kepada komponen masyarakat kabupaten Klaten di balai desa Jonggrangan kecamatan  KlatenUtara.Rabu (30/11).
Acara tersebut dihadiri oleh 205 peserta yang terdiri dari SKPD se kab Klaten, Toga, tomas dan toda, Ormas se kab Klaten, Kades dan Lurah.
Dalam sosilasasi panglima TNI yang disampaikan Dandim Bayu Jagat disampaikan bahwa telah terjadi persaingan ekonomi diantara negara-negara di dunia dan Indonesia yang memiliki kemampuan pertumbuhan ekonomi ke 8 di dunia telah mengakibatkan banyak negara yang mencoba untuk menguasai negara Indonesia dan  menghancurkan ekonomi Indonesia dengan berbagai cara sehingga diharapkan Indonesia tergantung kepada negara asing.Perang yang terjadi di dunia pada saat ini adalah karena energy alam (minyak) yang menjadi rebutan negara-negara yang tidak memiliki kekayaan SDA berupa minyak terhadapnegara penghasil minyak sehingga saat ini terjadi  Arab Spring yaitu di negara Irak, Suriah, Libya, Mesir, Kuwait, Kongo, Sudan, Nigeria, Yaman dan Ukraina, sehingga 70 % perang dunia saat ini terjadikarena latar belakang energy. Kesuburan Negara di wilayah equator (termasuk di dalamnya Indonesia) menjadi target negara asing untuk menguasai Indonesia berikut kekayaan alam dan energy hayati yang ada di dalamnya dengan tujuan akhir mencari pangan, air dan energy. Sehingga peta konflik (perang) akan bergeser dari perang di wilayah Arab ke arah Negara equator. Ancaman secara nyata yang ada di Indonesia adalah terjadinya sengketa di laut cina selatan yang melibatkan Tiongkok dengan Vietnam dan Filipina secara tidak langsung dikhawatirkan akan menimbulkan dampak terhadap kedaulatan Negara Indonesia.
Diakhir sosialisasi Dandim bayu menegaskan bahwaKeberadaan negara persemakmuran Inggris raya (Malaysia, Filipina, Singapura), Selandia Baru, Australia dan Vietnam menjadikan Indonesia berada di tengah kekuatan yang dikhawatirkan yang dapat mengancam kedaulatan Indonesia.karena itu mereka berupaya untuk melemahkan bangsa Indonesia dengan berbagai cara. Antara lain dengan berusaha memecah belah bangsa, memasukkan berbagai jenis Narkoba untuk merusak mental generasi muda kita.untuk itu kita harus bersatu untuk bangsa dan negara kita.dan selalu berpegang teguh kepada Pancasila yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Pendim 0723/Klaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *