Peringatan Hari Pahlawan Kodim 0723/Klaten

Pada tanggal 8 November 2016 Pukul 08.00 Sd 12.30 Bertempat di Gedung lantai 2 Universitas Widya Dharma Klaten yang beralamatkan jln Kihajar Dewantoro No.24 Ds Macanan Kec.Karanganom Kab.Klaten telah dilaksanakan Dialog Veteran , Pelajar dan Mahasiswa dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2016 sebagai Nara Sunber  Bp. Sujio (Ketua Legium Veteran Republik Indonesia) Kab. Klaten yang diikuti lk. 325 orang .

Adapun hadir dalam kegiatan ter sebut ;
1. Lelkol Inf Bayu Jagad SIP ( Dandim 0723/ Klaten )
2. Prof Dr. Triyono ( Rektor Universitas Widya Dharma  ) Klaten
3. Bp.Octo Lampito ( Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat Jogjakarta )
4. Bp.Rama Zakaria (Kabag CSR PT Aqua)
5. Bp. Ramadhan (Bagian Humas PT Aqua)
6. Bp. Warsino (Kepala Biro Umum UNWIDHA)
7. Bp. Sujio (Ketua Legium Veteran Republik Indonesia) Kab. Klaten.
8. Bp. Sukadi (Sekretaris Legium Veteran Republik Indonesia)  Kab. Klaten)
9. Bp. Supono (Bendahara  Legium Veteran Republik Indonesia) . Klaten)
10. Ibu. Sri Astuti ( Perwakialan KR Jogja)
11. Mahasiswa dan Pelajar Sederajat SMA.

Adapun Pembukaan yang disampaikan Bp. Ramadhan (Bagian Humas PT Aqua Tirta Investama Klaten ) antara lain ;

1. Kegiatan pagi hari ini sangat luar biasa karena ada pejuang Veteran sebagai pelaku sejarah berdirinya Indonesia.
2. Pagi ini kita bisa berkalaborasi antara pelaku sejarah  dengan adik adik mahasiswa dan pelajar untuk memupuk rasa nasionalisme kita terhadap bangsa ini seperti apa pejuang pendahulu kita telah merebut kemerdekaan .
3. Saya menyadari Dunia Kampus adalah para siswa terpelajar dan bebas untuk menyampaikan aspirasi , dan disini ada elemen masyarakat serta Veteran maka dengan adanya dialog ini kita manfaatkan dengan sebaik baiknya untuk menggali ilmu dari para pelaku sejarah Berdirinya Bangsa kita yang kita Cintai ini.
4. Saya juga menyampaikan Pesan pesan dari Kodim kita tetap mengalirkan semangat nasionalisme dan patriotisme , kedepan kita menghadapi permasalahan yang sangat komplek.
5. PT Tirta investama Aqua Klaten bahwa kita terbuka untuk adik adik mahasiswa dan kita bisa berkalaborasi dengan adik adik untuk berdialog apa saja.

Prof DR. Triyono ( Rektor Universitas Widya Dharma Klaten ) sebagai berikut: 

1. Terima kasih bapak ibu sudah  memenuhi undangan kami di Unwidha dalam rangka dialog Perjuangan Negara Indonesia.
2. Melihat dari sejarah Indonesia telah mengalami beberapa Era , diantaranya  :
a. Era yang pertama: Dikala  Indonesia masih dalam bentuk  Kerajaan Kerajaan yang belum busa bersatu membentuk NKRI.
b. Dan kedua : pada era Kolonialisme yang mana  Indonesia dalam masa penjajahan Negara Belanda , Jepang yang lamanya ratusan Tahun Indonesia di Jajah.
c. Ketiga : Masa Era kemerdekaan awal 1945 , Negara Indonesia mulai adanya persatuan .
e. Keempat : Era kemerdekaan pemilihan dan era Jadinya presiden pertama Ir.Soekarno di Indonesia.
f. Kelima : Era Orde Baru selama 32 tahun dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto.
g. Keenam : Era Reformasi. 

3. Yang kita bahas di sini era Perjuangan merebut Indonesia dari Penjajahan Kolonial, bahwa para pejuang indonesia telah mengantarkan Indonesia Kedepan pintu gerbang kemerdekaan , 
Indonesia sekarang mulai adanya degradasi nilai nilai perjuangan pendahulu kita , anak anak sekarang kurang mengerti arti perjuangan pendahulu kita dan cinderung memilih atau mengidolakan  tokoh tokoh hanya lewat media TV dan Medsos kurangnya melihat dari perjuangan pendahulu  kita yang sudah berkorban Harta benda bahkan nyawa demi Kemerdekaan bangsa ini.
4. Semoga kegiatan dialog ini dapat menambah rasa patriotisme, dan memupuk rasa persatuan negara kita.

Inti sambutan Letkol Inf Bayu jagad ( Dandim 0723/Klaten ) antara lain:

1.  Kegiatan pagi hari ini memperingati hari Pahlawan pada tanggal 10 November , dan kita hadirkan disini para pelaku perjuangan sejarag  ( Veteran ) yang nantinya kita teruskan nilai nilai kejuangannya.
2. Nilai nilai juang harus kita tanamkan pada diri adik adik Mahasiswa dan Siswa SMA dengan demikian  NKRI harga mati dan tidak boleh dipecah pecah.
3. Apa yang disampaikan para pendahulu ( Pahlawan )  kita  pernah mengatakan apabila kita tidak bisa menjaga persatuan maka  Negara Indonesia akan menjadi negara yang terpecah pecah dikarenakan pihak Negara  Luar atau pihak Asing yang selalu ingin mendapatkan Sumber daya Alam Indonesia yang sangat kaya,  maka kita sebagai generasi muda harus bisa mempertahankan persatuan dan Kesatuan Republik Indonesia dengan menggali ilmu dari Para Pendahulu dan pejuang kita. 

Pukul 09.55 dilaksanakan penyerahan Cindera mata dari Redaksi  Kedaulatan Rakyat Yogyakarta  kepada sebanyak   26 Anggota  Legium Veteran Klaten dan acara dilanjutkan dengan Dialog dari Redaksi Kedaulatan rakyat ( Ibu Sri Astuti ) dan  Bp. Sujio (Ketua Legium Veteran Republik Indonesia Kab.Klaten / Pejuang Dwikora ) Kab. Klaten sebagai nara sumber.  Pendim 0723/Klaten



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *