Hari Pahlawan Kodim Klaten


Klaten. Kamis (10/11/16).  Kodim 0723/Klaten menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodim 0723/Klaten Mayor Inf Yahmin, bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0723/Klaten Jln Pemuda 8 Klaten. Upacara diikuti seluruh personel Kodim 0723/Klaten, Militer dan Pegawai Negeri Sipil. 
Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kasdim 0723/Klaten, menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 Novemper, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberika makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.  Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagaiamana pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.  Kita diajak untuk mempelajari moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”.   Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan dalam mengahadapi berbagai tantangan dan penderitaan. 
Ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan persatuan yang bulat-mutlah dengan tiada mengecualian sesuatu golongan dan lapisan, semua kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun Negara.
Melalui mementun peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesaia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.
Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama  saling bahu membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka yakinlah bangsa Indonesai dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan Negara dan bangsa lain.   
Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlwan 2016 yaitu : “Satukan langkah untuk Negeri”.   Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.  Demikian amanat menteri Sosial dalam rangka memperingatai hari Pahlawan tahun 2016 yang dibacakan oleh Kasdim 0723/Klaten.
Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan Ziarah ke TMP Ratna Bantala Klaten.  (Pendim 0723/Klaten).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *