Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA.2016


Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat S.I.P pimpin Upacara Penutupan TNI Manunggal membangun desa  (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA.2016 dilapangan Randulanang Kec.Jatinom.di ikuti oleh Personel TNI Kodim Klaten, Polres, Satpol PP, Dishub, PNS, Ormas dan Pelajar.Tampak pula  jajaran  Muspida, Instansi terkait, Muspika Jatinom, Para Camat, Para Kapolsek, Para Kades Se-Kecamatan Jatinom, Toga/Tomas/ dan masyarakat Desa Randulang di kursi tamu undangan.  
Sebelum acara di mulai tamu undangan dan peserta upacara di suguhi tampilan Tari Gambyong dari SMK Jatinom sebanyak 8 orang penari. Peserta upacara sangat menikmati pertunjukan tersebut sampai akhir.  Setelah usai penampilan tari gambyong dilanjutkan rangkaian Upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016.
Pasiopsdim 0723/Klaten (Lettu Arh Hadi Santoso) memberikan laporan kepada Irup bahwa upacara siap dimulai dan Irup langsung menuju mimbar upacara. Setelah memperoleh penghormatan umum, irup memeriksa pasukan upacara diikuti oleh Kemandan Upacara (Kapten Inf Sagiman).  Dalam kesempatan itu juga ada kegiatan simbolis penyerahan alat oleh Irup dan laporan Perwira Koordinator TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 yaitu Pasiterdim 0723/Klaten (Kapten Inf Ronggo Basuki)
Dalam amanat yang di bacakan Irup, Kasad menyampaiakan pada upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016. Ucapan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat, taufik dan ridho-Nya  kita dapat bersama-sama mengikuti Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016.selama lebih kurang satu bulan lamanya sejak 20 september para prajurit daerah dan segenap menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II TA.2016.kebersamaan yang sudah lama kita bangun dan selalu kita jaga ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini.salah satu diantaranya ialah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan infrastruktur serta program Pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
Terkait hal tersebut, pada kesempatan yang sangat baik ini sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku penanggung jawab operasional TMMD, Kasad menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA.2016 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.
Selanjutnya Kasad menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya  apabila dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II ini terdapat tutur kata dan tingkah laku para Prajurit yang tidak berkenan dihati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja.
Di akhir amanat Kasad menyampaikan harapannya agar  Pelihara kebersamaan dan semangat gotong royong yang sudah terbina dengan baik serta pelihara hasil program TMMD, agar usia pakainya akan lama dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.
Selesai Upacara Komandan Kodim 0723/Klaten menyerahkan secara simbolis hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II kepada Wakil Bupati Klaten yang mewakili Bupati karena sedang ada tugas di luar daerah.dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Klaten di ujung jalan yang telah di betonisasi lewat TMMD di Dk.Argopuro, Ds.Randulanang dilanjutkan dengan peninjauan ke Pura yang telah selesai di rehap.
Operasi TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 merupakan pemberdayaan wilayah atau Teritorial ( Binter ) dilaksanakan oleh TNI AD pada dasarnya untuk mewujudkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang serta Kemanunggalan TNI – Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan Satuan dalam tugas pokoknya. Pemberdayaan wilayah oleh TNI dikemas dalam kegiatan yang disebut Operasi Bakti sebagai bagian dari Program Bakti TNI. Program kegiatan Bakti TNI diselenggarakan oleh TNI AD melalui kegiatan Operasi Bakti juga dilaksanakan dalam wujud  Karya Bakti.          
Sasaran kegiatan di desa Randulanang Kecamatan Jatinom  ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Karena pembangunan betonisasi jalan desa dapat memperlancar sarana transportasi  perekonomian dan anak sekolah antar  Kecamatan dan bermanfaat  untuk menambah penghasilan masyarakat  membuka akses jalan alternatif dan jalan penghubung sehingga  kesejahteraan masyarakat  dapat meningkat. 
Adapun hasil dari  Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 di desa Randulanang ini antara lain : 
1.         Kegiatan Fisik : 
a.         Betonisasi   jalan P = 1.050 M, L = 3 M dan Tb = 0.1 M;
b.         Rehap rumah  sebanyak  10  Unit;
c.         Pembuatan Jamban keluarga  sebanyak 8 Unit;dan
d.         Rehap Sarana  ibadah (Pura)  1 Unit.
e.         Over prestasi
            1)         Pembuatan Gorong-gorong P = 3, L = 1 M.
            2)         Betonisasi jalan Makam P = 25, L = 1,5 M dan Tb = 0,1 M
           
2.         Kegiatan Non Fisik.
a.         Penyuluhan Bidang Bela Negara;
b.         Penyuluhan membangun masyarakat berwawasan kebangsaan;
c.         Penyuluhan membangun semangat perlindungan anak;
d.         Penyuluhan masyarakat sadar dan waspada Narkoba;
e.         Penyuluhan membangun ketahanan keluarga melalui agama;
f.          Penyuluhan membangun kepedulian sosial meraih bahagia;
g.         Penyuluhan membangun ekonomi berbasis pedesaan;
h.         Penyuluhan membantui sesama umat dengan bersedekah;
i.          Penyuluhan Pancasila dan UUD 1945;
j.        Penyuluhan  penyakit  masyarakat   dan  permasalahan kenakalan remaja; dan
k.        Penyuluhan pencegahan kekerasan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.
3.         Kegiatan Khusus  :                         
            a.         Bazar dari Deperindagkop dan UKM dari desa Randulanang; dan    
            b.         Hiburan Orkes Melayu Dangdut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *