Pelatihan Linmas di desa Joho, Prambanan.


Bertempat di Aula balai desa Joho kecamatan Prambanan. telah dilaksanakan pelatihan Linmas  Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas sehari-hari dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan. yang diikuti oleh 31 orang anggota linmas desa joho. Rabu (12/10/16).
Hadir dalam acara tersebut Kasi trantib kecamatan  Prambanan (bapak Widodo),  Serma Kukuh Suryano (Batituud Koramil Prambanan) dan Serka Abdul Wakhid (Babinsa desa Joho), Aiptu purnomo (kasi bimas Polsek Prambanan)  dan Brigadir Romadhon (Babinkamtibmas desa Joho), Kepala desa Joho (Bapak Sumarmo) dan perangkat desa Joho.
Dalam sambutannya bapak Widodo selaku Kasi trantib kecamatan  Prambanan menyampaikan bahwa sesuai  dengan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009, maka tugas satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) adalah mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum atau lebih dikenal dengan PAM PEMILU meskipun dalam kenyataan di lapangan terkadang seorang anggota linmas telah bekerja keras untuk melaksanakan tugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), menjaga kotak suara, mengirimkan ke tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan sementara perhatian kesejahteraannya sangat minim sehingga sangat tidak menarik bagi generasi penerus untuk berbakti sebagai anggota Satlinmas ini. Oleh karena itu para anggota Linmas diharapkan tidak hanya memandang dari segi materi saja, tetapi juga ibadah karena bisa berguna dan membantu warga yang membutuhkan.
Bapak Widodo juga berharap Satlinmas/Hansip menjadi garda terdepan tata kehidupan dimasyarakat.sebagai  contoh apabila ada keramaian di desa seperti ada warga yang punya hajatan, pasar malam, atau kegiatan sosial lainnya maka diharapkan Satlinmas ikut membantu kelancaran jalannya kegiatan tersebut.
Sementara Serma Kukuh Suryanto menyampaikan tentang Bela Negara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran bela negara pada hakikatnya merupakan kesediaan berbakti pada negara dan berkorban demi membela negara. Sebagai warga negara sudah sepantasnya ikut serta dalam bela negara sebagai bentuk kecintaan kita kepada pada negara dan bangsa.dan peran Linmas di desa Joho dapat dimaksimalkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
Aiptu purnomo selaku kasi bimas polsek prambanan menambahkan Gangguan keamanan dan ketertiban saat ini diakibatkan karena nilai Pancasila yang sudah memudar.oleh karena itu beliau berharap lewat pelatihan ini para Linmas desa Joho menjadi Linmas yang tangguh dan handal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *