Kirab Gunungan di Sendang Simbar Joyo


Untuk melestarikan budaya dan warisan dari para leluhur.Pada hari Jum’at tanggal 07 Oktober 2016. dilaksanakan kirab gunungan dan hiburan dagelan maton bertempat di Sendang Simbar Joyo Ds. Jonggrangan, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten.dengan menghadirkan bintang tamu Dalijo Mbok Beruk dari Yogyakarta, dan mengambil route dari kantor Ds.jonggrangan dan finis di Sendang Simbar Joyo yang berjarak sekitar 1 Km.dengan berjalan kaki peserta tampak antusias mengikuti jalannya acara. Setelah sampai di Sendang Simbar Joyo selanjutnya dilakukan  Pasrah Gunungan dari Kades. Jonggrangan (Bapak Sunarno,SE) ke Juri Kunci Sendang Simbar Joyo Mbah Kasno. kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyambut datangnya bulan syuro .
Adapun susunan pasukan kirab gunungan adalah: Regu Drum Band dari SDN 1 Jebugan, Pasukan pembawa bendera Merah Putih oleh Siswa SMAN 3 Klaten, Rombongan Kades, Perangkat Desa, Toga/Tomas serta di belakangnya Gunungan berupa hasil bumi dan Tumpeng.
Tampak hadir dalam acara tersebut :  Kepala Disbudparpora Kab. Klaten Joko Wiyono, S.Sos,  Muspika Klaten Utara,  Paguyuban Kades Klaten Utara, Para Pengusaha Ds. Jonggrangan, Toga/ Tomas Ds. Jonggrangan  dan  Warga masyarakat Ds. Jonggrangan.
Setelah rangkaian acara selesai dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Gambyong dari  Mahasiswa STSI Surakarta.dan hiburan guyon maton oleh Dalijo Mbok Beruk dari Yogyakarta.
Menurut Bapak Dwi Agus Basuki, S.Pd  selaku ketua panitia “kegiatan ini merupakan kegiatan tradisi desa tahunan yang harus kita pertahankan.karena selain untuk melestarikan budaya para pendahulu kita juga untuk mempererat tali persaudaraan antar warga, khususnya di desa Jonggrangan”, ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *