Dandim Klaten letakkan batu pertama perbaikan saluran irigasi di Jogosetran


Dalam rangka mendukung  swasembada pangan, Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat S.I.P melaksanakan perbaikan infrastruktur irigasi, yang ditandai dengan peletakan batu pertama di dk.Ngarangan, ds.Jogosetran, Kec.Kalikotes.Jum’at (22/10/16).dengan didampingi Danramil 01/Kota (Kapten Inf R.Joko Purwanto), Kapolsek Kalikotes, Perangkat desa, dan Gapoktan. Dandim Bayu Jagat  meletakan batu pertama secara simbolis.
Dalam kesempatan tersebut Dandim Bayu Jagat menyampaikan bahwa kehadiran Kodim 0723/Klaten merupakan bagian dari tindak lanjut MoU antara Kasad dengan Menteri Pertanian yang telah dilaksanakan beberapa saat yang lalu, bahwa TNI AD mendukung program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia dalam tiga tahun kedepan.
Salah satu tugas yang dilaksanakan Kodim 0723/Klaten adalah program pendampingan dan pengawalan para petani dalam pengolahan lahan dalam hal ini adalah dukungan terhadap pembangunan Irigasi.
Pembangunan saluran irigasi ini juga merupakan salah satu dukungan Kodim Klaten terhadap petani guna peningkatan produksi pertanian yang akan berdampak pada keberhasilan dan kesejahteraan petani.
Kepala desa Jogosetran (Bp.Sunardi S.Pd)  kepada tim Pendim 0723/Klaten mengutarakan bahwa talud yang bocor ini mengakibatkan air yang akan mengairi di wilayah ds.Jogosetran tidak bisa mengalir dengan lancar, diakibatkan air banyak yang mengalir ke arah kec.Trucuk.
Beliau juga mengungkapkan kalau talud sudah diperbaiki dan sudah tertutup lubang kebocorannnya.air yang mengalir akan dapat juga digunakan untuk menjalankan pembudidayaan  ikan.karena disamping talud yang jebol tersebut sudah ada kolam ikan yang dibuat 1 tahun yang lalu.tetapi karena banyaknya air yang terbuang sehingga untuk pembudidayaan ikan berhenti.
Untuk normalnya kalau tidak ada kebocoran.air yang mengalir lewat talud disini juga bisa untuk mengairi sawah seluas 40 Ha.yang terletak di dk.Jetis, dk. Mranggen, dk. Sutan, dk.Ponalan, dan dk.Jagalan ungkap Bp.Sunardi yang sudah  menjabat sebagai kepala desa Jogosetran selama 3 tahun.
Diakhir pembicaraan Bp.Sunardi juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada TNI khususnya Kodim Klaten.karena berkat TNI proyek yang menggunakan anggaran sebesar 60 Juta ini dapat terealisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *