Dandim 0723/Klaten Buka Pencanangan Bakti Sosial KB-KES Tahun 2016.


Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat S.I.P, membuka Pencanangan Bakti Sosial TNI KB-KES, Kamis (27/10) di Aula Kecamatan Trucuk.Bakti Sosial KB-KES ini merupakan kerjasama antara kantor PP dan KB kab Klaten dengan TNI dengan melibatkan Personel Kodim Klaten, BKKBN Kabupaten Klaten dan Masyarakat.
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Klaten Hj.Siti Aisyah SE.MM, Stah ahli Bupati Dr.Ronny Rukminto MM mewakili Bupati, kasat Sabhara Polres Klaten AKP Suyadi  mewakili Kapolres,  Ketua Tim Penggerak PKK kab Klaten ibu Nuryati A Md, Muspika kec Trucuk, Seluruh Danramil jajaran Kodim 0723/Klaten, Pengurus Persit Kodim 0723/Klaten, Pengurus Bhayangkari Polres Klaten, Seluruh Kades dan perangkat desa kec Trucuk.
Pencanangan Bakti Sosial TNI KB-KES tahun ini mengambil tema Melalui kegiatan KB Kasehatan kita wujudkan keterpaduan pelaksanaan program KB Kesehatan tahun 2016 yang dilaksanakan oleh TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah.
Dalam sambutannya Dandim Bayu Jagat menyampaikan penyelenggaraan bakti sosial KB Kesehatan terpadu ini memiliki arti penting dalam strategi, dalam rangka untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya KB Kesehatan dalam menunjang kesehatan keluarga maupun untuk menekan angka kelahiran Balita sehingga pertumbuhan penduduk di Indonesia secara umum dan khususnya dikabupaten Klaten dapat ditekan.
Dandim Dayu Jagat menambahkan kegiatan pelayanan bakti sosial KB Kesehatan ini dalam rangka HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Dip ke 66 serta menindaklanjuti nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara BKKBN dan TNI tentang penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.
Diakhir sambutannya Dandim Bayu mengajak dan menghimbau kepada kaum pria agar selalu berpartisipasi untuk mengajak masyarakat agar menyadari betapa pentingnya program KB.bukan berarti setiap pria harus ber KB, melainkan mendorong, memotivasi dan memberikan izin bagi wanita/istrinya intuk mengikuti program KB.
Sementara DR Ronny MM selaku Staf Ahli Bupati mewakili Bupati Klaten mengatakan bahwa Bupati Klaten menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada TNI bahwasannya kontribusi TNI terhadap sektor kesehatan dan KB selalu kosisten, terjaga dan berkesinambungan.mudah mudahan kegiatan seperti ini akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap program-program Pemerintah.utamanya juga mendukung visi Bupati Klaten yaitu mewujudkan kabupaten Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing.
Setelah pemukulan gong oleh Dandim Klaten pertanda dibukanya Pencanangan Bakti Sosial TNI KB-KES. Dandim Klaten beserta tamu undangan meninjau pelaksanaan KB-KES di Puskesmas Trucuk 1. Yang terletak tidak jauh dari kantor Kecamatan.
Tampak Ibu ibu semangat mengikuti kegiatan KB-KES.mereka rela mengantri untuk mendapatkan giliran KB.seperti yang dilakukan oleh salah satu peserta KB Hartini (36 tahun) yang beralamat di dukuh Ngentak, Sejen, Trucuk. Hartini mengungkapkan bahwa begitu dia tahu ada kegiatan KB dari Babinsa. dirinya langsung mendaftar dengan mengendarai sepeda motor dia berangkat sendiri dari rumah yang jarak sekitar 3 Km.”Saya sudah punya anak 3.dan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, pendidikan maupun kesehatan yang semakin hari semakin sulit. maka saya ikut mendaftar sebagai peserta KB di samping juga ikut mendukung program Pemerintah. dengan adanya kegiatan KB-Kesehatan Ini saya merasa senang juga terbantu” ungkap Hartini.
Kegiatan ini diikuti oleh 168 Akseptor KB yang terdiri dari Implan 140 Akseptor, IUD sebanyak 14 Akseptor dan MOW sebanyak 14 Akseptor.disamping kegiatan KB di tempat ini juga diadakan bazar murah yang diikuti oleh beberapa pelaku UKM yang berada di kecamatan Trucuk.Pendim 0723/Klaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *