TNI dan warga bersihkan Sungai


Puluhan Personel Kodim 0723/Klaten bersama warga  menggelar kegiatan karya bakti membersihkan saluran irigasi yang berfungsi untuk mengairi ratusan hektare sawah.  Kegiatan itu juga melibatkan BSDA Klaten dan Ormas. Tujuannya, untuk memperlancar aliran sungai yang bersumber di Umbul Ponggok yang terletak di Kecamatan karanganom.
Seperti diungkapkan warga setempat (Bp.Prapto 65 th) bahwa sewaktu dirinya masih kecil, air dari Umbul ponggok ini dapat mengairi sawah sampai kecamatan Trucuk yang jaraknya lebih dari 10 Km dari Ponggok.dan kedalaman sungai lebih dari 1 Meter.tapi sekarang jangankan untuk sampai ke Trucuk, untuk memenuhi irigasi di wilayah Kecamatan Karanganom saja kesulitan.hal ini dikarenakan adanya Sedimentasi/pendangkalan sungai.sekarang sungai ibarat tempat sampah.berbagai jenis sampah rumah tangga menumpuk disungai.
Untuk itulah Kodim Klaten bersama BSDA, warga dan Ormas tergerak untuk melaksanakan Karja bakti pengerukan sungai.agar dapat mengatasi kesulitan petani dalam memenuhi kebutuhan air untuk mengairi sawahnya.selain menggunakan tenaga manual Kodim Klaten juga mengerahkan 2 (Dua) Excavator untuk mempercepat pengerukan.untuk kegiatan hari ini Rabu (21/09) untuk tenaga manual masih fokus di depan pasar Jeblog.yang lokasinya di bawah bangunan permanen.dan untuk Exavator sudah mengerjakan pengerukan di desa Pondok dan perbatasan antara desa Pondok dan desa Gledek. Pendim 0723/Klaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *