TMMD Klaten Bangun Jalan dan Kembangkan Hidroponik

KLATEN, Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Komando Distrik Militer (Kodim) 0723 Klaten, dipusatkan di Desa Panggang Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Adalah Gubernur Jateng diwakili Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, yang membuka secara resmi kegiatan TMMD ke-96 didampingi Bupati Klaten Hajjah Sri Hartini SE, Danrem 074 Warastratama, para unsur Muspida, para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemprov Jateng dan Kabupaten Klaten, serta ratusan masyarakat Kabupaten Klaten.

“Kalau kota maju maka desa juga harus lebih maju. Kegiatan TMMD ini memperkuat wilayah pedesaan dengan kesengkuyungan,” kata Wagub Jateng, Heru Sudjatmoko.

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan, perjalanan TMMD sudah 96 tahun ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat untuk mempercepat pembangunan desa serta merawat semangat kegotong-royongan yang sudah tumbuh selama ini, sehingga pembangunan di setiap desa dan kota tidak memiliki jarak yang lebar.

“TNI bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Bappeda Provinsi, Bapermas Provinsi, Pemkab maupun Pemkot untuk komitmen membangun bangsa dan percepatan pembangunan desa. Harapannya, desa sebagai entitas unik dengan kearifan lokal
memiliki SDM yang unggul, mandiri, kreatif inovatif, dan berkarakter,” kata Wagub.

Komandan Kodim (Dandim) 0723 Klaten sekaligus Dansatgas TMMD ke-96, Letkol Inf Bayu Jagat mengatakan, sasaran fisik TMMD di Desa Panggang meliputi, betonisasi jalan dengan panjang 1.596 meter, lebar 3 meter, tebal 0,1 meter, rehab rumah 10 unit, jamban keluarga 8 unit, dan rehab rumah ibadah 1 unit. Sementara, sasaran non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, kamtibmas dan bahaya narkoba.

“Manfaatnya, tentu untuk meningkatkan perekonomian desa, kesejahteraan masyarakat desa, menumbuhkan semangat kegotong-royongan, menjaga persatuan dan kesatuan, serta membuka akses jalur evakuasi,” kata Bayu Jagat dengan senyum.

Tak hanya itu, Dansatgas TMMD ke-96 ini juga mengatakan, jika TNI khususnya Kodim 0723 Klaten akan mendorong pengembangan tanaman hidroponik di Desa Panggang Kecamatan Kemalang, sebagai desa sasaran.

Menurutnya, pengembangan tanaman hidroponik sangat perlu didorong pengembangannya, mengingat di wiayah itu sulit ditemukan sumber air. Sehingga bagi warga setempat akan sulit mengembangkan bercocok tanam.

“Tanaman dimaksud bisa tumbuh dengan tidak memerlukan air yang banyak, sehingga sangat pas dikembangkan di Desa Panggang,” tandas Dandim Bayu Jagat.

Sementara Kades Panggang, Nandang Nuryanto mengatakan, warga Desa Panggang sudah cukup lama menanti kedatangan TMMD di desanya, dan untuk itu dengan dipusatkannya TMMD di Desa Kemalang tentu menjadi motivasi warga untuk lebih maju lagi agar perekonomian warga khususnya Desa
Kemalang  bisa meningkat. “Sebagai wujud syukur warga Desa Kemalang menggelar wayang semalam
suntuk,” kata Nandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *