TMMD, Dayagunakan Potensi Atasi Persoalan Bangsa

Perjalanan panjang kemanunggalan TNI dengan rakyat berhasil mendukung percepatan pembangunan Indonesia, khususnya di wilayah pedesaan. Beragam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sekaligus dapat merawat semangat kegotongroyongan bangsa.
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP, pada upacara pembukaan TMMD Regular ke-96 dan Sengkuyung 1 Tahun 2016 di Lapangan Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Klaten, (3/5).
Selain wakil gubernur, upacara pembukaan TMMD 2016 bertema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat” itu, juga dihadiri Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Maruli Simanjuntak MSc, Bupati Klaten Sri Hartini, Wakil Bupati Sri Mulyani, serta Forkopimda setempat.
Menurut Heru, TMMD menjadi terobosan untuk menyelaraskan berbagai program kegiatan antarsektoral guna menanggulangi berbagai persoalan. Termasuk penanganan kemiskinan dan pengangguran di Jateng yang mencapai 13 persen dari jumlah penduduk, serta beragam upaya mewujudan kedaulatan energi dan pangan.
Selain itu, TMMD merupakan upaya mewujudkan pertahanan negara. Sehingga kegiatan fisik yang dilakukan senantiasa terlihat dan tertata, infrastruktur jalan di pedesaan pun semakin bagus, resik, dan memadai. Apalagi sudah 69 tahun TMMD memberikan kontribusi dalam pembangunan dalam negeri.
“Inilah cara kita merawat ke-Indonesiaan kita, inilah salah satu bentuk kesengkuyungan dan kegotongroyongan. Kita harus mampu memberdayakan masyarakat dan membangun desa. Kebersamaan seperti inilah menjadi kekuatan luar biasa untuk menggali dan mendayagunakan potensi mengatasi isu dan persoalan bangsa,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *