Prajurit Ikut Memahami Adanya Kearifan Lokal “Sendang Suwito”

KLATEN, Sejumlah  prajurit yang tergabung di Satgas TMMD Reguler ke-96 Kodim 0723/Klaten, sangat bisa memahami adanya kearifan lokal, yakni keberadaan sebuah sendang,  “Sendang Suwito” yang terletak di  Dukuh Bibis Rt 01/05, Desa  Panggang.
Dari cerita warga setempat,  lokasi itu   dikeramatkan, sehingga pantang mengucap  jelek di seputar sendang tersebut. Mulai Tahun  1992, Sendang  Suwito,   dugunakan oleh banyak orang sebagai  tempat tirakatan. Tiap  bulan Ruwah(bln jawa),  Jumat pertama,  digunakan masyarakat  5 dusun di Desa panggang,  sebagai tempat tirakatan.
Selain itu juga dijdikan  sebagai tempat berziarah oleh  masyarakat  luar daerah untuk  ngalap berkah dari  Mbah Kyai Singojoyo, yang diyakinis ebagai  penunggu sendang.

Menurut  penuturan seorang warga,  Sarwo dan  Dirjo, dari segi alam gaib,  sendang Suwito merupakan tempat pos penjagaan dari Gunung Merapi ke pantai selatan. ‘’maslah kebenarannya, tampaknya  hanya dijadikan sebagai suatu kekayaan budaya oleh masyarakat,’’ jelasnya. 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *