Dandim Bayu : TNI Akan Dorong Pengembangan Tanaman Hidroponik di Desa Panggang

KLATEN,  Komandan Kodim 0723/Klaten, letkol Inf. Bayu Jagat menandaskan, di sela-sela pelaksanaan TTMD Reguler ke-96, jajaran TNI Kodim Klaten akan mendorong pengembangan tanaman Hidroponik, di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, sebagai desa sasaran.
Dikatakan, pengembangan tanaman Hidroponik sangat perlu didorong pengembangannya, mengingat di wiayah itu sulit ditemukan sumber air. Sehingga bagi warga setempat akan sulit mengembangkan bercocok tanam. ‘’Tanaman dimaksud bisa tumbuh dengan tidakmemerlukan air yang banyak, sehingga sangat pas dikembangkan di Desa Panggang khususnya, dan di wilayah Kecamatan Kemalang pada umumnya,’ tandas Dandim Bayu Jagat.
Memprakarsai
Istri Kades Panggang,  Ny. Sri Susilowati Msi, termasuk salah satu tokoh yang memprakarsai tanaman Hidroponik tersebut. Dia mengembangkan beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan air banyak, diantaranya,  Selada, Kangkung, Tomat, Daun Min dan sejumlah tanaman lainnya.
  
Dengan tanaman Hidroponik tersebut akan dapat meringankan segi ekonomi masyarakat Desa Panggang khusunya, di bidang pangan, melihat  potensi wilayah tersebut sangat sulit untuk bercocok tanam.
Dengan dilaksanakan Program TMMD ini dengan berbaurnya TNI dengan masyarakat diharapakan akan terjadi subsidi silang sebagai contoh Sistem Hidroponik ini. Karena personel yang ditugaskan dalam program TMMD ini adalah dari satuan Satuan tempur (Satpur) dan satuan Bantuan tempur (Satbanpur) yang mayoritas masih tinggal di Asrama. Jadi dengan adanya  hidroponik ini juga bisa di manfaatkan oleh para prajurit guna di implementasikan di satuan nanti, mengingat untuk lahan bercocok tanam di asrama juga terbatas. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *